Senin, Agustus 03, 2009

GELAR POTENSI INDUSTRI KREATIF 2009


Ekonomi kreatif adalah wujud dari upaya pembangunan yang berkelanjutan melalui kreativitas, dimana pembangunan berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan.
Sedangkan Industri Kreatif, adalah sebuah industri yang mempunyai ide-ide dan gagasan baru, sumber daya manusia yang kreatif dan juga mempunyai kemampuan dan bakat yang terus dikembangkan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Sub Sektor Industri Kreatif Indonesia meliputi :
  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fashion
  7. Film / video / fotografi
  8. Permainan Interaktif
  9. Musik
  10. Seni pertunjukan
  11. Penerbitan / percetakan
  12. Layanan komputer dan piranti lunak
  13. Radio dan televisi
  14. Riset dan pengembangan



Industri kreatif perlu dikembangkan di Indonesia termasuk di Kota Yogyakarta karena memberikan konstribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim bisnis yang positif, membangun citra dan identitas
bangsa, berbasis kepada sumber daya manusia yang terbarukan, meciptakan inovasi dan kreatif yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa maupun memberikan dampak sosial yang positif.




Seperti halnya sifat industri yang multidimensional, maka dalam konteks industri kreatif diperlukan aksi multidisiplin yang sinergis untuk secara kolaboratif mengupayakan kesepakatan dari berbagai pihak guna mencapai sasaran yang dituju. Salah satu isu penting yang perlu lebih dicermati adalah bagaimana membangun sinergi
triple helix ( intelektual, pemerintah dan pelaku bisnis) agar dapat mewujudkan visi dan misi ekonomi kreatif 2025.

Beranjak dari pemikiran diatas maka perlu diselenggarakan EXPO UMKM & INDUSTRI KREATIF JOGJA yang diselenggarakan oleh Disperindagkoptan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan DEKRANASDA Kota Yogyakarta. Kegiatan yang diusulkan adalah penyelenggaraan GELAR POTENSI INDUSTRI KREATIF PRODUK UMKM JOGJA 2009 dikemas dalam bentuk pameran tematik khusus produk industri kreatif unggulan Kota Yogyakarta.



Pameran ini diselenggarakan melalui DINAS PERINDAGKOPTAN KOTA YOGYAKARTA, sedang sebagai pelaksana Teknis dilaksanakan oleh CIPTA GATRA Yogyakarta. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah :
  1. Membantu para pengusaha sektor industri kreatif dalam mengenalkan dan memasarkan produknya sehingga lebih dikenal oleh masyarakat
  2. Meningkatkan peluang pasar produk Industri kreatif di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya.
  3. Membangun kerjasama antar pelaku usaha sejenis sebagai peserta di event thematic tersebut.
  4. Mendorong tumbuh dan berkembangnya industri kreatif di Kota Yogyakarta terutama untuk komoditi yang berprospek di Kota Yogyakarta.

Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah :
  1. Sosialisasi jenis industri kreatif yang potensial di Kota Yogyakarta sehingga mengudang partisipasi pembinaan dari instansi terkait lainnya
  2. Terfasilitasinya sarana pemasaran bagi pengusaha Industri kreatif skala usaha kecil dari wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya.



Kegiatan Gelar Potensi Industri Kreatif Produk UMKM Jogja 2009 secara resmi dibuka oleh Bapak Walikota Yogyakarta, diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dengan materi multi komoditi industri kreatif. Kegiatan ini dibuka untuk umum pada tanggal 12 s/d 14 Juni 2009 mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Berlangsung di Komplek Taman Pintar Kota Yogyakarta. Tempat ini sangat strategis karena di jalan utama, berdekatan dengan Malioboro dan Alun-alun Utara sehingga mudah dijangkau dan dilalui oleh transportasi umum.



Pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan ini antara lain :
  1. Kepala Dinas Perindagkoptan Kota Yogyakarta sebagai penanggung jawab program ini.
  2. Kepala Pengelola Taman Pintar Yogyakarta sebagai penggung jawab penggunaan fasilitas yang ada di lokasi kegiatan.
  3. Koordinator kominitas industri kreatif yang terpilih, akan menjadi Mitra Panitia Penyelenggara sekaligus sebagai mediator para peserta.
  4. CIPTA GATRA Yogyakarta, sebagai Pelaksana kegiatan ini dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Disperindagkoptan Kota Yogyakarta
  5. Para pengusaha dan pedagang di wilayah Kota Yogyakarta berperan sebagai peserta aktif dalam kegiatan ini.
  6. Masyarakat sekitar dan para buyer sebagai pihak yang mendapat manfaat dari adanya kegiatan ini.

Agenda pokok yang di kemas dalam acara EXPO UMKM & industri kreatif
ini meliputi :
  1. Promosi dan penjualan produk industri kreatif Kota Yogyakarta dan sekitarnya
  2. Kontak dagang antar peserta atau antara peserta dengan pedagang yang mengunjungi arena EXPO UMKM ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar